Rabu, 04 April 2012

PERBANDINGAN PENGETAHUAN HARDWARE KOMPUTER ANTARA MAHASISWA YANG MENGIKUTI KURSUS KOMPUTER DENGAN TIDAK MENGIKUTI KURSUS KOMPUTER PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR


 
I.         PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang demikian pesat, khususnya teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology atau ICT), membawa pengaruh pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk perubahan signifikan yang terjadi pada dunia pendidikan. Perkembangan pesat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang menawarkan kemudahan-kemudahan dalam pembelajaran, memungkinkan terjadinya pergeseran orientasi pembelajaran dari proses penyajian berbagai pengetahuan menjadi proses bimbingan dalam melakukan eksplorasi individual terhadap ilmu pengetahuan.
Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan salah satu Negara yang sedang berkembang di dunia tengah melakukan berbagai pembangunan di berbagai aspek kehidupan. Salah satu diantaranya adalah pembangunan dunia pendidikan yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
Bidang pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kemajuan suatu negara. Karena pada dasarnya kemajuan suatu negara tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusia sebagai produk dari pendidikan, oleh sebab itu perbaiakan pelaksanaan pendidikan perlu mendapat perhatian dari pemerintah khususnya oleh Departemen Pendidikan Nasional.
Sekolah sebagai pendidikan formal secara sistematis merencanakan bermacam-macam lingkungan pendidikan yang menyediakan berbagai kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar. Lingkungan belajar disusun dan ditata berdasarkan suatu kurikulum yang pada gilirannya di impelementasikan dalam proses belajar.
Pendidikan tidak hanya didapat dari pendidikan formal seperti sekolah atau perguruan tinggi akan tetapi dapat pula dari lembaga pendidikan luar sekolah lain misalnya pelatihan, kursus atau privat. Lembaga pendidikan tersebut menawarkan konsentrasi ilmu misalnya hanya terkhusus pada kursus bahasa inggris, kursus komputer, privat matematika dan lain sebagainya.
Memilih untuk mengikuti kursus merupakan pilihan yang baik untuk menambah wawasan tentang suatu bidang pengetahuan. Seperti kata pepatah “tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina”. Salah satu kursus yang banyak diminati selain bahasa Inggris adalah kursus komputer. Tidak terlebih di jurusan teknik elektronika yang menuntut para mahasiswanya memiliki keterampilan di bidang komputer.
Persoalannya sekarang adalah apakah ada perbedaan tingkat penguasaan suatu mata pelajaran/mata kuliah antara yang pernah atau sedang kursus dengan yang tidak?. Secara sepintas memang terlihat bahwa siswa yang pernah atau sedang kursus memang memiliki pengetahuan yang lebih daripada yang tidak kursus. Itu disebabkan karena volume belajar yang kursus lebih banyak daripada yang tidak kursus.
Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang yang memiliki volume belajar lebih akan memiliki pengetahuan berada diatas seseorang yang memiliki volume belajar rata-rata apalagi pengetahuan tambahannya didapat di bangku kursus yang notabene membelajarkan peserta didiknya secara aktif. Adanya perbedaan materi yang didapat di bangku formal dengan nonformal merupakan salah satu faktor cukup mempengaruhi tingkat penguasaan seseorang. Tetapi apakah semua orang yang telah kursus akan memiliki pengetahuan lebih diatas seseorang yang tidak mengikuti kursus?.
Pengetahuan bukan hanya didapat dari bangku formal (perkuliahan) ataupun nonformal (kursus), tetapi ada banyak jalan untuk mendapatkan atau mengetahui sesuatu. Banyak bahan bacaan seperti buku ataupun majalah pengetahuan yang bisa kita gunakan sebagai alat untuk mengetahui sesuatu. Bahkan banyak sekarang beredar pembelajaran multimedia seperti CD tutorial yang mudah dimengerti dan dapat langsung dipraktekkan, apalagi media tersebut menggabungkan antara materi, suara dan video.
Oleh karena itu peneliti bermaksud menganalisis perbedaan tingkat penguasaan komputer antara siswa yang kursus dengan yang tidak kursus di jurusan teknik elektronika dengan judul Perbandingan Tingkat Pengetahuan Hardware Komputer Antara Mahasiswa Yang Mengikuti Kursus Komputer Dengan Tidak Mengikuti Kursus Komputer Pada Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan dari penelitian ini yaitu “apakah ada perbedaan pengetahuan hardware komputer antara siswa yang pernah mengikuti kursus komputer dengan yang tidak pernah mengikuti kursus komputer?”.

C.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan hardware komputer antara siswa yang pernah mengikuti kursus komputer dengan siswa yang tidak mengikuti kursus komputer.
D.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada:
1.      Lembaga pendidikan, sebagai bahan informasi tentang perbandingan antara siswa yang mengikuti kursus dengan yang tidak mengikuti kursus dalam hal pengetahuan hardware komputer.
2.      Tenaga pengajar sebagai informasi dan bahan pertimbangan sehingga dapat dirumuskan metode pengajaran yang efektif
3.      Siswa dan mahasiswa dapat dijadiakan sebagai bahan perbandingan pengetahuan hardware komputer antara yang pernah kursus dengan yang tidak kursus.
4.      Para peneliti sebagai bahan referensi dan perbandingan untuk penelitian selanjutnya dengan masalah yang relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar